Monday, July 27, 2015

Worth Experience



Jadi, saya menemukan tulisan lama (tahun 2014 akhir) yang belum sempat diposting. Udah lewat banget sih, karena udah ada banyak kejadian-kejadian hebat setelah itu. Bagaimanapun, pengalaman adalah harga yang gak bisa dibayar, lalu saya putuskan untuk diposting saja. 


Halo- halo!

Kali ini saya mau ceritakan soal pengalaman saya lomba debat nasional di Unibraw, Malang bulan September lalu. Jadi saya berkesempatan menjadi delegasi USU untuk lomba debat hukum nasional melalui seleksi di Fakultas bersama 2 orang teman dari stambuk 2012 (k’ester dan b’anggi). 

Kita punya waktu sebulan untuk persiapan mosi sebanyak 11 waktu itu. Selama persiapan, luar bias capeknya. Capeknya lebih karena banyak pikiran (waktu itu jadwal mata kuliah saya bentrok hiks hik. Sampai sekarang juga.), aktivitasnya lanjut terus padahal badan minta rest bentar, dan otak yang terkuras dari pagi sampai midnight.

Ogah banget kalo ingat proses persiapan debat itu. Dan ogah untuk mengulanginya lagi dari awal. Rasanya capek banget. Pagi jam 7.30- jam 17.00 kuliah, pulang kuliah, langsung ke kost, makan, mandi, langsung berangkat lagi ke kost senior buat belajar sampai midnight. Diskusi debatnya kadang sampai jam 1 pagi, jam 3, bahkan sama coach tertentu bisa gak tidur. Alias memang 24 jam stay awake! Ngantuk banget aslinya. Badan udah lemas banget, kantung mata bertambah, di kelas gak perhatiin dosen (wong saya tidur), masuk angin, dsb. Saya dan teman-teman satu tim juga enggak coffee consumer. Jadi kami jarang banget minum kopi tengah malam supaya melek. Bahkan saya hanya sekali aja minum kopi dalam sebulan itu. Saya gak suka kopi soalnya. Loh kok bisa tahan sih begadang?  Saya sih sebenarnya bukan tipe orang yang kebal begadang kalo gak tidur siang. Jadi kami main cubit-cubitan deh supaya tetap melek matanya. Gila ya...

Akhirnya pas hari H...

Kita berangkat ke ke Jakarta dari Medan jam 7 pagi. Tapi dari jam 3 pagi udah di Kuala Namu. Kita sempatkan latihan malam sebelum berangkat, bahkan di bandara pun disuruh oral sama coach supaya mentalnya terlatih. Alhasil kita berangkat dengan keadaan tepar. Di pesawat niatnya pengen belajar lagi tapi semua pada ngorok. Sampai di Jakarta, kita langsung ketemu sama bapaknya k’ester (k’ester tinggal tangerang) yang udah bawain kita makanan. So thankful bisa kenyang juga berkat ortu k’ester. Jam 4 kita udah cau lagi dari Jakarta ke Malang. Sampenya di Malang jam 5. Abis itu kita makan di bandara sambil nungguin seksi Trankoper Unibraw jemput kita. Yang jemput si BB pake avanza. Di mobil, b’anggi dan si BB yang cerita banyak. Saya dan k’ ester udah diam elegan.
Jadi singkat cerita, kami tetap bahas mosi gitu sampe di penginapan, di Griya UB waktu itu. Pas hari H debat dikasih tau kalo jumlah tim debat ada 25 dari 17 universitas di Indonesia. Babak penyisihan hanya 6 tim yang diambil. Kita lolos sampai babak penyisihan sama tim dari Unpad, Unair, Undip, UNS, Uin Sunan Kalijati (kalo gak salah). Kita lanjut ke semifinal lawan Unpad dan UNS. 

And the result is... Undip got the 1st, UNS got the 2nd, dan Unpad had the 3rd position. Perjuangan kita hanya sampai di semifinal. Sedih sih. Banget malah. Pengen nangis... uuuu... Akhirnya kita nangis bertiga di bawah shower. Bercanda!
Memang pasti sedih banget karena kita jauh-jauh dari Medan ke Malang. Ternyata di final pun ada tim yang rasanya kurang cocok untuk tampil sebagai finalis. Intinya, dalam lomba apapun pasti ada faktor keberuntungan. Kalo memang sudah rejeki yah menang. Kalo enggak, coba lagi.
Gimanapun, kita tetap bersyukur udah sampe semifinal karena gak semua orang juga sampe semifinal, bahkan yang udah bawa-bawa dosen segala masih ada yang kalah di babak penyisihan. Sementara kita yang tampak gembel dan alone masih dikasih kesempatan.

Saya harus bilang bahwa rekan-rekan saya setim adalah orang yang hebat dengan kemampuan retorika yang wow. Kita gak kalah kok dari tim-tim yang lain. Yang mau kita capai di kompetisi ini bukan sekedar piala dan uang. Tapi juga kerjasama tim yang baik, emosional yang terkendali, sikap pengertian dan saling menghargai, kedisiplinan, dan banyak lagi. Yang ingin kami raih bukan kemenangan lomba semata. Tapi juga kepribadian yang terlatih dan baik yang menjadikan kami pemenang di setiap kesempatan.
Apa yang saya alami, dapatkan dan pelajari lebih dari apa yang saya tulis di blog ini. Saya belajar banyak hal. Wawasan dan pengalaman pun ikut bertambah. Bagaimanapun bersyukur untuk semuanya yang saya lalui, terutama untuk kondisi yang sehat. Di lain kesempatan saya akan berusaha lebih keras.


0 comments:

Post a Comment

I'd love to have your comments here!